free page hit counter

[KONSULTASI] Tidak Bisa Berhenti Berhubungan Suami-Istri dengan Pacar

Redaksi Aura membuka layanan konsultasi psikologi. Anda bisa melayangkan email ke redaksi@aura.co.id, tuliskan kisah, kegundahan, atau apapun yang ingin Anda tanyakan berkaitan dengan kehidupan rumah tangga, asmara, masalah-masalah anak, dan lain-lain. Identitas penanya akan dirahasiakan sesuai permintaan.

Jangan ragu untuk bertanya, mari bersama-sama lebih cerdas menghadapi kehidupan ini. Kami tunggu partisipasinya, Ladies.

Tanya:

Dear Aura,

Saya mempunyai pacar yang haus akan nafsu. Selama tiga tahun kami berpacaran, entah sudah berapa kali kami melakukan hubungan suami-istri. Rasanya saya ingin mengakhiri hubungan ini dan ingin memiliki hubungan yang biasa saja. Tapi, entah kenapa, semakin ingin menjauh, semakin saya tidak bisa melepaskan diri dari hubungan ini.

Apa yang harus saya lakukan agar bisa menjauh dari hubungan yang tidak wajar ini?

Jawab: (Oleh Anggia Chrisanti, konselor dan terapis di Biro Konsultasi Psikologi Westaria @ig_giadc)

Hal ini tidak akan terjadi jika Anda sejak awal tidak memberikan kesempatan itu. Seburuk-buruknya laki-laki, mereka cukup tahu perempuan mana yang “gampang” dan yang “sulit” atau bahkan “tidak mungkin”.

Gunakan prinsip cermin dalam melihat masalah ini. Karena siapa sahabat, jodoh, orang terdekat, hanya akan menunjukkan siapa diri kita. Terlepas alasannya cinta, harusnya ada alasan untuk menjaga dan mencegah jika Anda memang sungguh tidak akan memberi peluang.

Pertanyaannya, mengapa Anda memberi peluang? Bahkan sampai merasa tidak bisa lepas? Apa yang Anda dapatkan dari laki-laki itu dan tidak Anda dapatkan dari keluarga, khususnya orang tua?

Apakah rasa aman? Rasa nyaman? Rasa dihargai? Rasa dianggap ada? Rasa dianggap berharga?

Kenapa begitu sulit melepas? Ketakutan apa yang Anda rasakan jika menolak dengan sungguh-sungguh?

Takut dia pergi?

Kenapa begitu takut dia pergi? Seberapa berharga diri Anda (masa depan Anda) dengan laki-laki ini dan hubungan dengan laki-laki ini?

Selama Anda belum bisa menjawab dan cari solusinya, keinginan Anda untuk lepas dari hubungan ini hanya akan menjadi sebatas angan-angan. Karena sejujurnya Anda tidak sungguh-sungguh ingin menolak, tidak sungguh-sungguh ingin pergi.

Jadi, ada baiknya selesaikan dulu masalah terdalam dari diri Anda, baru Anda akan menemukan sendiri jawabannya berikut solusinya.

 

AURA.CO.ID

 


Bagi artikel ini


Ada pertanyaan ? Hubungi kami di sini
info@inspirasi.co