free page hit counter

Pengguna Ponsel Indonesia Rata-rata Pakai 31 Aplikasi

TEMPO.CO, Jakarta - Pertumbuhan produk telepon seluler (ponsel) pintar di Indonesia sangat pesat. Aplikasinya menjadi kebutuhan sendiri dalam dunia komunikasi digital. Setiap pemilik ponsel di Indonesia diketahui memiliki rata-rata 31 aplikasi dalam ponselnya.

"Aplikasi yang paling banyak diinstal oleh pengguna Indonesia ternyata games," kata Adie Marzuki Ketua Bidang Aplikasi Koperasi Digital Indonesia Mandiri di Indonesia Internet Summit 2016, di Balai Kartini Jakarta, Kamis 24 November 2016.

Data yang berasal dari Teknopreneur ini menyatakan bahwa sebanyak 38 persen aplikasi yang dinstal adalah games. Lalu 27 persen merupakan aplikasi pesan, 19 persen sosial media dan 8 persen aplikasi e-commmerce. Secara berturut-turut aplikasi yang juga banyak dimiliki pengguna ponsel pintar Indonesia adalah transportasi, referensi, peta atau navigasi dan berita.

Namun, berdasarkan data tersebut, tidak berarti aplikasi yang paling banyak diinstalasi ini adalah aplikasi yang sering digunakan. APJII mencatat pengguna ponsel Indonesia punya pola kebiasaan sendiri pada pemakaian ponsel. APJII melaporkan sebanyak 24 persen pengguna ponsel pintar memanfaatkan perangkatnya untuk beraktivitas sosial media.

Lalu 20 persen pengguna ponsel pintar menggunakan untuk mencari hiburan atau Entertainment. Kemudian 16 persen pengguna memanfaatkan ponsel untuk pencarian atau pembacaan berita.

Sedangkan 14 persen pengguna memanfaatkan untuk kegiatan memeriksa dan mengirimkan surat elektronik. Dan sisanya 12 persen bermain games dan 8 persen berbelanja online. lalu hanya 6 persen pengguna yang memanfaatkan untuk pencarian lokal.

MAYA NAWANGWULAN

Bagi artikel ini


Ada pertanyaan ? Hubungi kami di sini
info@inspirasi.co