free page hit counter

Pengguna Internet Tinggi, Aplikasi Lokal Tak Masuk 10 Besar

TEMPO.CO, Jakarta - Informasi dan komunikasi sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia saat ini. Jumlah pengguna internet bahkan sudah melebihi 100 juta orang.

Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menyatakan jumlah pengguna internet Indonesia telah mencapai 132,7 juta orang. Angka ini telah melampaui setengah populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 256,2 juta orang.

Sebanyak 98,3 persen dari pengguna internet diketahui menggunakan perangkat mobile. "Dari banyaknya pengguna ponsel pintar Top 10 aplikasi yang digunakan pengguna Indonesia di Google Play Store berasal dari aplikasi global," kata Sarwani Dwinanto Ketua Bidang Pengembangan Konten dan Ekosistem Internet di Indonesia Internet Summit 2016 di Balai Kartini Jakarta, Kamis 24 November 2016.

Menurut Sarwani, ini fakta yang ada di Indonesia, tidak ada yang menggunakan aplikasi buatan Indonesia di 10 besar.Untuk  secara keseluruhan, aplikasi yang banyak dipakai berasal dari Amerika Serikat, Cina, Kanada atupun Korea.

Produk aplikasi buatan Indonesia baru terlihat pada 10 besar kategori aplikasi news atau berita. Di kategori baru ini ada beberapa pemain lokal yang sudah bermain di aplikasi digital.
"Yang mengkhawatirkan, secara keseluruhan dari sekitar 1.000 di angka 200an baru ada pemain lokal," kata Sarwani.

Sarwani mencontohkan aplikasi berita seperti detik.com buatan lokal menempati posisi di angka 214. Seharusnya pengguna Indonesia juga menggunakan produk aplikasi buatan lokal mengingat pengguna perangkat mobile di Indonesia sangat banyak.

MAYA NAWANGWULAN

Bagi artikel ini


Ada pertanyaan ? Hubungi kami di sini
info@inspirasi.co