free page hit counter

Merisik Jalan ke Percut

  • Arie Siregar, Ayu Harahap, Hasan Al Banna, Rudiarjo Pangaribuan, Syafrizal Sahrun
  • Penerbit : inspirasi.co book project
  • Tahun : 2018
  • ISBN : -

PUISI ADALAH DIALOG BATIN DAN KESEPAKATAN

Oleh Shafwan Hadi Umry

Pengarang di mana saja pun ia berada tetap memilih inovasi sebagai tuntutan kreativitasnya. Setiap inovasi baik dalam bentuk apapun tetap mengundang pelbagai pendapat yang kontroversial. Sudah barang tentu tiap pengarang dan penyair mempunyai kepribadian yang tangguh dalam mempertahankan argumentasinya untuk diuji oleh waktu dan sejarah. Oleh karena itu, setiap inovasi yang mempergunakan cara-cara eksperimentasi dalam pengungkapan dan teknik strukturnya harus diterima sebagaimana adanya sepanjang ia merupakan fenomena yang berlangsung terus dalam kandungan imajinasi maupun konsepsional seorang pengarang

Dalam mengantarkan pembacaan sajaknya sendiri Sutardji mengatakan, “Menyair adalah suatu pekerjaan serius. Namun penyair tidak hanya menyair sampai mati. Dia boleh meninggalkan kepenyairannya kapan saja.” (Horison, 1979: 202). Selanjutnya beliau mengatakan, “tapi bila kau sedang menuliskan sajak, kau harus melakukan secara sungguh-sungguh, seintens mungkin.”

Di sini jelas terlihat kepribadian seorang penyair yang sudah sedia menghadapi setiap serangan yang ditujukan kepadanya dengan segala konsekuensinya. Dengan membawa persoalan kesusasteraan kepada kepercayaan diri maupun keyakinan, seorang pengarang “tidak mudah dihasut oleh berbagai faktor kehidupan” untuk meminjam istilah Abdul Hadi WM.


Bagi artikel ini

Ada pertanyaan ? Hubungi kami di sini
info@inspirasi.co