free page hit counter

Kisah Sang Penantang

  • Ahmad M. Sewang, Fahmi Syariff, Idwar Anwar, M. Anis Kaba, Rusdin Tompo
  • Penerbit : inspirasi.co book project
  • Tahun : 2018
  • ISBN : -

“SANG PENANTANG” DARI SULAWESI SELATAN

Oleh Aspar Paturusi

Karya puisi esai dari Sulawesi bukan hanya meramaikan gerakan puisi esai Indonesia, tetapi juga turut menghadirkan kembali kepingan sejarah perlawanan beberapa tokoh Sang Penantang terhadap kezaliman penjajahan. Para penulis atau penyair itu menelusuri kembali jejak perjuangan tokoh yang mereka ungkapkan dalam bentuk puisi esai.

Berbeda dengan penulisan puisi pada umumnya, puisi esai harus memiliki bahan yang cukup, latar belakang yang luas, dan gambaran yang memadai seputar kehidupan pribadi tokoh itu. Salah satu puisi esai yang memiliki daya ungkap yang cukup kuat adalah karya Denny J.A. yang berjudul “Sapu Tangan Fang Yin”. Kisah Fang Yin berlatar belakang peristiwa penjarahan pada Mei 1998. Peristiwa yang sungguh pahit menimpa etnis Tionghoa.

Sapu Tangan Fang Yin mengungkapkan lewat catatan kaki jumlah mereka yang mati, jumlah perempuan Cina yang menjadi korban perkosaan, dan jumlah mereka yang meninggalkan Indonesia pasca-kerusuhan. Fang Yin, korban pemerkosaan yang sangat terpukul dibawa oleh keluarganya hijrah ke Amerika Serikat. Fang Yin pun dan keluarganya meninggalkan Indonesia, di mana mereka dilahirkan, dengan membawa ketakutan, kecemasan, sekaligus kebencian.


Bagi artikel ini

Ada pertanyaan ? Hubungi kami di sini
info@inspirasi.co