free page hit counter

Profil Denny JA

Intelektual Enterpreneur dan Penulis Best-Seller

Lahir, 4 Januari 1963

Palembang, Sumatera Selatan

Denny Januar Ali, atau nama populernya: Denny JA (lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 4 Januari 1963) adalah intelektual enterpreneur atau enterpreneur intelektual. Ia banyak membuat tradisi baru dan rekor di dunia akademik, politik, media sosial, sastra dan budaya di Indonesia.[1]

Di dunia politik, ia dikenang sebagai founding father konsultan politik dan lembaga survei yang kini memberi warna baru pemilu dan pilkada Indonesia. Ia membantu kemenangan tiga presiden (2004,2009, dan 2014)[2], 28 gubernur, dan 60 bupati/walikota sejak Indonesia menerapkan pemilihan langsung[3]. Di dunia sastra, ia membawa genre baru puisi esai dan dipilih sebagi satu dari 33 tokoh sastra Indonesia paling berpengaruh[4]. Di dunia pergerakan, ia menyatukan karya budaya dan gerakan sosial dalam payung Indonesia Tanpa Diskriminasi[5]. Di 2014, Menerima penghargaan dari Twitter Inc. sebagai Golden Tweet 2014 ranking 1 di Indonesia dan nomer 2 tingkat dunia[6]. Ia membiayai sendiri semua kegiatan sosial setelah sukses berkembang sebagai pengusaha.

Pada tahun 2015, Denny JA dinobatkan sebagai salah satu dari 30 orang paling berpengaruh di Internet, oleh Majalah TIME. Ia bersanding dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan sejumlah selebriti dunia seperti Shakira, Justin Bieber dan Kim Kardashian[4].

Pada akhir bulan Juli 2015, dua buku Denny JA menjadi best seller no. 1 di Amazon.com. Ia menjadi penulis Indonesia pertama yang bukunya berhasil menjadi best seller di toko buku online terbesar dunia tersebut. Dua buku tersebut, Fang Yin's [[35]] (edisi Inggris dan Jerman) menjadi buku terlaris kategori puisi dunia, bersanding dengan buku-buku karya penyair legendaris lainnya seperti William Shakespeare, Jalaluddin Rumi, Khalil Gibran, dan Edgar Allan Poe.


Bagi artikel ini

Ada pertanyaan ? Hubungi kami di sini
info@inspirasi.co